top of page

Did You Know? Perforated Metal

Updated: May 16, 2022

Perforated metal atau yang disebut juga sebagai plat perforated, lembaran perforated, atau layar perforated merupakan lembaran logam yang secara manual atau mekanis dicap atau ditekan untuk menciptakan pola seperti lubang, slot atau bentuk dekoratif lainnya.


Bahan yang digunakan untuk memproduksi Plat perforated antara lain stainless steel, baja canai dingin, baja galvanis, alumunium, tinplate, tembaga, monel, inconel, titanium, plastik, dan lain-lain.

Perforated Metal - image by: pinhome.id

Arsitektur tidak hanya dilihat berdasarkan sebuah fungsionalitasnya saja tetapi dari segi estetikanya juga. Perforated Metal dirancang agar Anda bisa menggunakannya sebagai penambah nilai estetika dalam mendekorasi rumah Anda agar bisa terlihat lebih menarik lagi.


Lembaran perforated bisa digunakan untuk berbagai bentuk keperluan dekoratif seperti menghias eksterior rumah dengan menggunakan pagar yang terbuat dari perforated metal.


Penggunaan Perforated Metal


Berikut beberapa penggunaan Perforated Metal yang bisa menjadi inspirasi untuk anda:

1. Fasad Bangunan

Perforated metal pada fasad - image by: houzz.com

Manfaat utama fasad berlubang yang menggunakan Perforated Metal adalah memungkinkan cahaya masuk ke dalam bangunan tanpa mengorbankan privasi, sekaligus mengurangi panas yang dihasilkan oleh paparan sinar matahari sambil tetap memungkinkan aliran udara. Hal ini dapat membantu dalam mengurangi konsumsi energi.


Dan tentu saja penggunaan Perforated Metal dapat menciptakan estetika bangunan yang unik dan inovatif.

2. Dinding Partisi

Perforated Metal pada dinding partisi - image by: perforatedmetalsupplier.com

Dinding Partisi memainkan peran penting dalam dekorasi interior. Ini sering muncul di area perkantoran, restoran, ruang tamu, ruang pameran atau desain partisi antara ruang tamu atau ruang keluarga dengan ruang makan.

Penggunaan Perforated Metal pada dinding partisi memungkinkan sirkulasi udara sekaligus menghalangi atau membatasi area. Ini dapat digunakan untuk meningkatkan privasi dan menciptakan rasa tertutup tanpa menutup ruang sepenuhnya, karena memiliki efek yang agak transparan jika dilihat dari jauh.


3. Tangga

Perforated Metal pada tangga - image by: houzz.com

Kualitas Perforated Metal yang kuat dan tahan lama menjadikannya pilihan yang tepat untuk tapak tangga dan anak tangga, karena teksturnya memberikan ketahanan yang lebih baik terhadap selip dan memiliki kapasitas dukung beban yang tinggi untuk integritas struktural.


Permukaan Perforated Metal juga memungkinkan cahaya menyinari lantai di bawahnya.


4. Langit-langit

Perforated Metal pada Langit-langit - image by: sasintgroup.com

Anda memiliki banyak pilihan untuk bahan plafon, tetapi dalam hal daya tahan, keamanan, dan daya tarik estetis, panel plafon berlubang adalah pilihan yang jelas. Mereka tidak hanya kuat dan tangguh, tetapi juga menawarkan berbagai pilihan desain agar sesuai dengan berbagai instalasi.


Panel langit-langit Perforated Metal jauh lebih kokoh daripada bahan lainnya. Mereka kurang rentan terhadap retak dan kerusakan dan cenderung tidak membutuhkan penggantian.


Tergantung pada lingkungan Anda, faktor suara menjadi kemampuan Anda untuk menjaga penghuni tetap aman dan nyaman. Panel langit-langit sangat ideal untuk mengoptimalkan akustik dan menambahkan tampilan kontemporer yang ramping ke ruang mana pun.


5. Sunshade

Perforated Metal pada sunshade - image by: revamppanels.com

Penggunaan Perforated Metal pada sunshade dapat menjadi bagian integral dari sebuah bangunan karena dapat meningkatkan efisiensi dan estetika. Keuntungan memakai Perforated Metal pada sunshade adalah:

  • Pengurangan biaya energi.

  • Mitigasi panas dan silau dari matahari.

  • Memberikan cahaya alami untuk melewati untuk menerangi interior bangunan.

  • Pengurangan kebisingan dan efek angin.

  • Peningkatan privasi dan penampilan estetika bangunan.


6. Furniture

Perforated Metal pada Furniture - image by: westelm.com

Baik sebagai cangkang kursi untuk kursi atau bangku, furnitur pajangan, rak, elemen meja dan perabotan interior lainnya yang berorientasi desain semakin beralih ke karakter modern furniture dalam baja dan lembaran Perforated Metal.


Tergantung pada material dan gradenya, Perforated Metal dapat dibentuk dan diproses secara fleksibel, menawarkan potensi tak terbatas bagi pembuat furnitur dan manufaktur komponen.


Motif-motif Perforated Metal Paling umum Digunakan

Perforated Metal Patterns - image by: archro.com

1. Motif Hexagon. Lembaran ini mempunyai pola yang menyerupai isi dari sarang lebah dan bisa memberikan tekstur yang menarik pada bangunan Anda.


2. Motif Lingkaran. Motif ini sangat disukai oleh banyak orang dikarenakan kesimetrisannya dan mempunyai tarikan garis yang tegas.


3. Motif Semanggi Berdaun Empat. Anda banyak yang mengisahkan bahwa semanggi berdaun empat akan membawakan keberuntungan. Oleh karena itulah akhirnya diadopsi pada lembar perforated agar mempunyai motif layaknya semanggi berdaun empat.


4. Motif Lubang Koin. Motif seperti ini cukup banyak ditemui pada hiasan dan penutup jendela agar tetap bisa terlihat unik dan tidak terlalu polos layaknya motif lingkaran.



PROS

  • Mudah dibentuk dan dipasang.

  • Mempunyai ketahanan yang kuat.

  • Bisa menciptakan privasi yang baik.

  • Penampilannya yang menarik dapat menambah kesan artistik.

  • Variasi dari ketebalannya juga dapat digunakan.

  • pada struktur yang berat hingga desain interior yang sederhana.

  • Menyaring suara yang masuk ke dalam ruangan.

  • Bisa di daur ulang.


CONS

  • Ketika sudah terkena benturan yang keras, bisa membuatnya menjadi penyok.

  • Sulit memperbaiki dan mengembalikan bentuk lembaran plat besi perforated yang berkarat menjadi seperti semula.

  • Harganya yang relatif mahal.


PROJECT ARALUS

Dibawah ini adalah proyek kami yang yang menggunakan Perforated Metal untuk materialnya:


Facade - Secondary Skin
Perforated Metal - by Aralvs

KESIMPULAN

Perforated Metal memiliki keserbagunaan transformatif, memiliki kekuatan untuk mengubah desain secara mendasar dalam banyak hal. Dapat membuat ruang tertutup terasa terbuka dengan cahaya alami dan transparansi yang meningkat. Dapat membuat ruang bernapas dengan aliran udara bebas sebagai bagian dari rencana ventilasi pasif. Menawarkan ekspresi tanpa batas melalui perforasi selektif untuk membuat pola, seni, dan desain permukaan yang unik.


Selain kelebihan dan kekurangan yang sudah kami sebutkan diatas, sebaiknya penggunaan Perforated Metal pada rumah anda disesuaikan juga dengan tema desain dan fungsi ruangannya sehingga tetap fungsional dan memiliki nilai estetikanya.

 

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai Perforated Metal beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat dan menambah referensi anda dalam memilih material bangunan yang akan anda gunakan.


Silahkan follow Instagram kami untuk mengetahui lebih banyak mengenai material serta update tentang proyek yang sedang kami kerjakan.



ARALVS DESIGN CLUB

26 views0 comments

Recent Posts

See All

تعليقات


bottom of page